Contoh-contoh Alat Musik Tradisional Indonesia

                     

Agaknya satu kekayaan negeri yang tidak patut untuk dilupakan adalah alat musik tradisional. Dalam banyak hal, Indonesia tentu memiliki warisan musik tradisionalseperti kerongcong campur sari, dangdut, maupun orkes melayu, di mana semuanya sangat mungkin memakai alat musik tradisional untuk mengembangkan musikalitas. Artikel ini akan sedikit membahas beberapa nama alat musik tradisional ini, yang umunya dikelompokkan lewat beberapa kategori insturmen musik seperti tiup, gesek, dan perkusi. Berikut beberapa nama alat musk tradisional yang dikenal di bumi Indonesia.

Pada kategori perkusi, orang sudah telanjur akrab dengan gamelan. Yang satu ini merupakan istilah untuk merujuk kepada kumpulan alat musik seperti slentem, demung, gong, peking, saron, gender, dan lain sebagainya. Gamelan merupakan kategori nama alat musik tradisional Indonesia yang dikenal mampu menghasilkan nada pentatonis yang bagi sebagian orang dinilai memiliki nilai sakral dan mewakili tradisi musik etnis tertentu. Bali dan Jawa merupakan dua wilayah yang
memiliki corak gamelan yang khas. Pada kategori instrumen musik tiup, Indonesia juga memiliki suling atau tarompet. Dan meskipun dalam jumlah yang terbatas, ohyan dan rebab adalah dua instrumen musik gesek yang cukup dikenal di kalangan penjaga musik tradisional dan juga penggemarnya.

Di luar jenis-jenis instrumen yang disebutkan di atas, orang juga mengenal angklung sebagai bagian dari nama alat musik tradisional Indonesia yang dibunyikan dengan cara digoyang. Dari contoh-contoh di atas, tidak heran bahwa Indonesia disebut memiliki warisan kekayaan budaya musik yang beragam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar