Awal Mula Perkembangan Musik Indonesia

musik indonesia atau musik Nusantara adalah semua musik yang telah berkembang di negara kita ini, yang mencerminkan ke-Indonesia an, baik itu dalam segi bahasa maupun gaya dari melodinya. Semakin hari semakin terlihat perkembangan musik Indonesia yang sudah semakin pesat. Pada era tahun 70an, perkembangan musik Indonesia di dominasi ole lagu-lagu perjuangan, seperti contohnya lagu Maju tak gentar, gugur bunga, indonesia pusaka, halo-halo bandung, tanah airku, garuda pancasila, dan lagu-lagu perjuangan lainnya yang kemudian disusul oleh lagu-lagu dari Koesplus.
Beberapa tahun kemudian dalam perkembangan musik Indonesia jenis lagu yang paling mendominasi adalah lagu pop yang tempo lagunya lambat dan cenderung agak cengeng. Seperti lagu yang dibawakan oleh penyanyinia nadiati Betharia Sonata, Iis Sugianto, dan beberapa artis lain yang merupakan penyanyi spesialis lagu patah hati/sedih.

Pada saat itu sempat ada larangan terhadap musik cengeng oleh Mentri Harmoko, yang pada akhirnya membuat aliran musik ini menjadi surut dan seperti kehilangan arah. Kemudian pada tahun 90an, perkembangan musik Indonesia di dominasi oleh aliran musik dangdut, bahkan penyanyi yang tadinya beraliran pop beralih ke dangdut, sehingga terciptalah jenis musik baru yaitu pop dangdut. Disaat musik pop kehilangan semangatnya, masuklah musisi asal malaysia yang bernama Ami Search dengan lagunya Isabella, yang kemudian menjadi hits.
Saat itulah musik Malaysia merajai musik Indonesia. Memasuki era 2000an, perkembangan musik Indonesia semakin bergelora, banyak para musisi dari daerah yang mulai percaya diri menunjukkan kebolehannya, lewat kompetisi musik indie. Dari sini perkembangan musik Indonesia semakin terlihat dari banyaknya kompetisi musik yang diadakan untuk mencari bakat baru, serta seringnya sejumlah media yang menghadirkan program-program musik Indonesia.http://dotuku.com/blog/awal-mula-perkembangan-musik-indonesia#.URwuPPIxFkg

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar