pegertian tentang alat musik

Pengertian Piano dan Jenis Jenisnya

Piano adalah sebuah alat musik yang banyak digemari. Ada berbagai alasan mengapa orang menyukainya. Melodi, suara, lagu yang dimainkan di piano, mungkin itu adalah beberapa alasan yang ada di benak seseorang.
Bermain piano itu susah. Harus pandai mengendalikan perasaannya ketika bermain. Jika ingin bermain lagu yang Allegro, perasaan kita harus senang, dsb.
Bagi pemula, bermain piano itu susah. Tetapi, lama-kelamaan pasti orang itu ketagihan ingin bermain piano.
 
        Dinamika pada lagu yang dimainkan harus diperhatikan juga. Misalnya  forte ( f ), harus dimainkan dengan keras. Mezzo forte ( mf ), harus dimainkan dengan suara yang tidak terlalu keras, juga tidak terlalu pelan. Piano ( p ), dimainkan dengan suara pelan. Mezzo Piano ( mp)  dimainkan dengan suara sangat pelan.

         Tidak lupa juga terhadap cresendo dan diminuendo. Cresendo adalah suara yang tiba-tiba keras. Jadi, misalnya dinamikanya pelan lalu ada tanda cresendo berarti dinamikanya bertambah keras. Dari mp, p, dan mf. Diminuendo adalah suara yang tiba-tiba mengecil. Dari f,mf, p, mp.

  Beberapa pemain piano mungkin kenal dengan empat orang di atas. Ya, mereka adalah para pemain piano legendaris. Keempatnya sama-sama terkenal dengan lagu klasiknya. Mereka adalah  Ludwig van Beethoven, Johann Sebastian Bach, Frederic Chopin, dan yang terakhir , Wolfgang Amadeus Mozart. Beberapa lagu Beethoven : Minuet In GFur EliseGertrude's Dream Waltz, dan Turkish March. yang paling terkenal adalah Fur Elise. Beberapa lagu Bach :  Gavotte in DGavotte, Musette, dan Gavotte in G. Sedangkan lagu-lagu Chopin: Funeral March, Polonaise, Prelude Op.28 No.7,Prelude Op.28 No.20. Dan yang terakhir, beberapa lagu Mozart : Minuet, Lacrimosa Mozart Requiem, Sonate 11, dan masih banyak lagi.

Piano juga bermacam-macam. Yang paling banyak digunakan adalah Grand Piano yang artinya piano besar.
  
Grand Piano banyak digunakan untuk Konser. Yang sering digunakan adalah yang berwarna hitam. Grand piano adalah piano yang paling mahal. Tetapi, Grand Piano ini banyak digemari. Grand Piano juga cocok untuk perlombaan piano. Cocoknya karena tuts Grand Piano agak berat jika ditekan, dibandingkan dengan piano lain. Tuts yang berat ditekan akan menguji kemampuan peserta lomba, apakah memiliki power atau tidak. Itu akan mempermudah para juri untuk menilai para peserta.

           Selain piano, lagu pun juga dikelompokkan. Ada lagu klasik, romantic, modern , dan lain-lain. Kebanyakan yang digemari adalah lagu klasik. Lagu klasik tak terhitung banyaknya di dunia ini. Namun, lagu-lagu romantic dan modern juga tak kalah banyaknya. Jujur saja, saya lebih suka dengan lagu klasik. Mengapa? Menurut saya, lagu klasik itu temponya bermacam-macam. Dan temponya itu cocok dengan karakteristik saya. Mungkin, karena ciri-ciri di atas tadi orang-orang menyukai piano.

Gitar adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan jari-jemari tangan atau sebuah plektrum (alat petik gitar). Bunyinya dihasilkan dari senar-senar yang bergetar.Gitar bisa berupa gitar akustik atau listrik, atau gabungan keduanya.
Pengertian gitar akustik adalah jenis gitar dimana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara di dalam ruang suara ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar. Jenis kayu akan mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik.http://profdee.wordpress.com/2010/12/05/pengertian-gitar/
Saya suka musik secara keseluruhan. Secara khusus, saya suka dan ingin untuk bisa memainkan alat musik. Mulai dari gitar, drum, bass, dan piano. Karena judul post ini adalah “Drum” maka saya akan membahas lebih jauh mengenai drum.
Apa itu Drum?
Drum adalah alat musik yang termasuk kedalam golongan perkusi. Atau secara teknis digolongkan dalam kategori membraphones. Apa itu membraphones? Adalah semua alat musik yang sumber suaranya dihasilkan oleh membran yang di beri tegangan, atau ditarik. Pada drum, setidaknya minimal terdiri dari satu buah membran atau lebih. Membran-membran ini biasa disebut sebagai Drum-head atau kulit drum. Pada umumnya, drumhead  di pasang di bagian atas dan bawah dari drum shell, dan menghasilkan bunyi ketika drum-head tersebut dipukul, baik menggunakan tangan atau tongkat pemukul yang biasa di sebut drum stick. Suara tersebut dihasilkan dari resonansi getaran pada drum-head, yang merupakan hasil dari tabrakan udara yang berada di dalam shell dengan dinding shell dan drum-head bagian bawah. Suara yang dihasilkan sangant bervariatif tergantung dari jenis drum-head yang digunakan, bahan shell yang digunakan, dan ukuran dari shell tersebut.
Drum merupakan alat musik tertua, dan digunakan di seluruh belahan dunia sejak ribuan tahun yang lalu. Mengikuti perkembangan jaman, drum telah berevolusi hingga seperti bentuk yang kita kenal sekarang.
Cymbal
Cymbal merupakan bagian dari alat musik perkusi. Juga merupakan salah satu alat musik tertua yang digunakan bersama-sama dengan drum. Terbuat dari bahan metal dan biasanya berbentuk bulat. Bahan yang dipakai dalam pembuatan cymbal umumnya adalah perunggu. Kuningan biasanya digunakan pada pembuatan cymbal  untuk kelas pemula. Cymbal memiliki pola nada yang tidak terbatas. Bentuk cymbal sekarang, tidak jauh berbeda dengan bentuk cymbal kuno jaman dahulu. Cymbal digunakan oleh banyak jenis musik mulai dari ansamble perkusi, orkestra, musik jazz, pop, rock dan metal, serta digunakan dalam marching band.
Ada banyak jenis cymbal di jaman modern ini. Hi-hats, Crash, Ride merupakan cymbal yang biasa digunakan dalam sebuah drum-set.
gambar 1 - bagian dari drum-set
Bagian dari drum-sets
Drum dijaman modern ini terdiri dari beberapa bagian. Sebuah drum-set minimal memiliki 3 buah drum (bass drum, Snare drum, dan tom) dan 3 buah cymbal (Sepasang Hi-hats dan sebuah ride). Drum-set yang dijual di pasaran umumnya terdiri dari 5 buah drum. Bass drum, Snare drum, 2 buah tom-tom dan 1 buah floor tom. Lebih jelasnya, bisa lihat gambar 1.http://banoooo.wordpress.com/tag/pengertian-drum/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar