Musik dan Musisi 70an Dalam Lintasan Sejarah

Kugiran Musik Pada Jaman Orde Lama
Pada saat Bung Karna masih memegang jabatan sebagai Presiden RI  terkesan ada  kecenderungan memakai nama Indonesia untuk kugiran lokal saat itu dikarenakan mungkin mereka takut pada penguasa Orde Lama yang saat itu sangat anti Barat terutama pada periode tahun 1950-an hingga menjelang akhir 60-an, maka dapat dilihat nama nama band yang ada asli menggunakan nama Indonesia seperti ; band  Panca Nada, Band Arulan, Orkes Bayu, Band  Zaenal Combo,Orkes Suita Rama,Orkes Simanalagi,Orkes Gaya Remaja, Orkes Irama Nada, Orkes Nada Kentjana,Orkes Prima Nada,Orkes Tjandra Kirana,Orkes Seni Maya, Orkes Mustika Rama,Orkes Sahabat Lama,Orkes Suwita Rama, Band Eka Sapta, Band Ayodhia, Band Medenasz,Orkes Rachman A, Band Diselina, Band Quarta Nada, Band Bina Ria dll hingga awal kedatangan era Orba dengan bermunculannya band-band seperti :
Band Parwita Junior,Band Aria,Band Aria Junior, Band Darma Putra Kostrad, Band Elektrika,The Memory, De Prinz,The Brims (Brimoresta),D’Hand,The’Matador,Band Halpers, Koes Plus, Pandjaitan Bersaudara , Usman Bersaudara atau Kembar Group. No Koes,Madesya Group,Ivo’s Group,Band Vista,Band D’Mecy ,The Rhythm Boy’s dll
Awal Mula Kemunculan  Kugiran  Dan Musik Cadas  Di Indonesia     
Musik cadas pada era 1970-an memang tidak terpisahkan dari fenomena munculnya kugiran musik anak-anak muda selepas tumbangnya Orde Lama, pintu modernisasi dibuka lebar- lebar oleh rezim Orde Baru dan orientasi musik anak-anak muda kita mulai kearah Barat yang banyak membawakan musik cadas terutama dari Inggris yang  merupakan sarang dan barometernya musik cadas dunia saat itu yang mana di era Orde Lama musik macam ini sangat dilarang keras oleh Presiden Soekarno karena dianggap musik barat tidak sesuai budaya bangsa Indonesia, sehingga semua yang berbau rock’n roll harus diritul/diberangus sebagai contoh Koes Bersaudara saja kena kebijakan anti Barat itu dikarenakan mereka menyanyi dengan gaya The Beatles yang mana mereka dijebloskan ke hotel prodeo yaitu penjara Glodok. Setelah Bung Karno tidak lagi menjabat sebagai presiden maka segera saja bermunculan kugiran kugiran yang meniru kugiran  musik cadas dari luar negeri.
Penggunaan Nama- Nama Kugiran Cadas Indonesia Dekade 1970-an 
Dalam blantika musik Indonesia, khususnya untuk nama kugiran biasanya dianggap penting, karena mempunyai arti simbolis serta sekaligus dapat mencerminkan jenis musik yang dimainkan. Selain itu, nama biasanya menandakan kugiran musik itu dilahirkan pada periode tertentu. Dekade 1970-an sedang gencar-gencarnya muncul gelombang musik cadas maka kugiran kugiran cadas-pun bermunculan di Indonesia dengan nama yang tidak meng-Indonesia lagi sesuai trend yang ada di Barat.
Nama-nama kugiran cadas Indonesia dekade 1970-an  umumnya menggunakan bahasa Inggris karena penggunaan bahasa Indonesia untuk nama kugiran cadas di negeri ini sering dianggap “culun” atau “udik” alias kampungan. Para pemusik lebih sering memberi nama kugiran-nya dengan nama bahasa Inggris. Mereka beranggapan dengan nama “cas-cis-cus” itu untuk nama kugiran musiknya akan terkesan lebih garang dan mentereng seperti kugiran Suprkid dengan master andalannya Deddy Sutansyah dimana kemudian namanya-pun dia ubah pula menjadi Deddy Stanzah.
Mereka inilah generasi pertama pemusik cadas Indonesia yang penuh bakat dan inovatif, disamping itu mereka-pun di besarkan namanya oleh  Majalah Aktuil  yang sejak  era 1967-an mengkhususkan diri sebagai  pioneer majalah musik dan gaya hidup remaja perkotaan itu .Banyak  kugiran saat itu yang muncul antara lain:
Giant Step,  Freedom of Rhapsodia,Bentoel & Mickey Michael Merkelbach The Rollies,,The Rhythm Kings,Golden Wings,C’Blues,God Bless, Young Gipsy, AKA, SAS, The Templars, Superkid, Freedom, Shark Move, Menstril’s,Great Session,The Amateur,Destroyer,Lime Stone,Voodoo Child,Mama Clan’s, Freemen, Reg Time, Silver Train, Free Men, Black Spades,Ireka,The Rhadows,Chekinks, Equator Child,Double Zero,Ternchem Stallion,Lizard,Paramour, Big Brothers,ODALF, Sea Men, Fancy, Zonk, Savoy Rhythm, Provist (Progressive Student), Diablo Band, The Players, Happiness, Thippiest, Comets, DD (Djogo Dolok), Jack C’llons, C’Blues, Memphis (yang kemudian menjadi Man Face), Delimas, Bani Adam Band,G’Brill, Batu Karang, Red&White, Topics & Company, The Rollies, Philosophy Gang Of Harry Roesli, Paramour, Finishing Touch, Freedom ,Lizard, Big Brothers,Brotherhood ,Speed King,Oegle Eyes dll

Go International 
Anehnya walaupun dengan perangkat sound system dan kapasitas studio yang masih serba  minim namun di era 1970-an banyak lagu-lagu dari kugiran cadas Indonesia saat itu yang dapat melampaui lintas batas negara atau istilah kerennya Go International  padahal saat itu teknologi dunia rekaman kita masih pas-pasan “cuma 4 track doang” kata anak- anak band saat itu tetapi berbekal semangat dan bakat alam yang kuat mereka dapat mencipta dan menyanyikan lagu-lagu versi Inggris dengan sangat baik, dan salutnya lagi, lagu-lagu versi Inggris mereka banyak disukai di luar negeri bahkan hingga masuk Top Ten baik di BBC ataupun ABC  seperti AKA,SAS, dan Rollies ataupun Silver Train dimana  lagu-lagu mereka sempat bertengger pada Top Ten Radio Australia. Pertunjukan musik cadas pada era awal 1970-an hingga tahun 1976 sangat mendatangkan keuntungan dan para musisi beraliran hangar binger itu, mereka mengalami masa keemasan saat itu .Banyak gadis yang tergila-gila pada mereka dan menjadi groupist kemana mereka show selalu diikuti.Sejak kehadiran musik cadas di percaturan musik negeri ini, pertunjukan mereka selalu dibanjiri oleh penonton dan mengundang sambutan gegap-gempita di setiap kota bahkan di pelosok pelosok di seantero Indonesia.
Aktuil memiliki Denny Sabrie, Remy Silado, Bens Leo, Iphik Tanoyo, Zan Zappa, Buyung dll sedangkan TOP memiliki Theodore KS, Daniel Alexy, Martha Boerhan, Zainuddin Tamir Koto (Zatako), Robbani Bawi dll. Persaingan antara kedua majalah musik inipun sangat luar biasa dimana mereka banyak memberikan bonus sticker maupun poster yang wah dan sudah jelas membuat remaja penggila musik cadas  saat itu tidak sayang mengeluarkan uang dari kocek mereka kedua majalah itu wajib dimiliki oleh para remaja penggila musik cadas saat itu.
                                                                                 
Tempat Tempat Pertunjukan Musik Cadas Di Era Tahun 1970-an
Untuk tempat pertunjukan di Jakarta,Theater Terbuka TIM, Taman Ria Monas dan Istora serta Stadiun Utama Senayan (untuk pertunjukan Deep Purple tanggal 4&5 Desember 1975) menjadi tempat favourite anak-anak muda yang paling sering didatangi untuk pertunjukan musik cadas karena harga tiketnya murah meriah yang mana dapat terjangkau oleh kocek mereka yang rata rata masih duduk dibangku SMA dan Perguruan Tinggi sedangkan Convention Hall (Balai Sidang) menurut mereka itu merupakan tempat kaum borju  yang tidak sesuai dengan semangat  dan jiwa cadas serta kocek mereka!.
Sedangkan di Bandung ada  Gelora Saparua, Lapangan Tegal Lega dan Gedung Merdeka menjadi tempat paling sering untuk pertunjukan musik cadas saat itu sedangkan untuk kugiran musik mungkin Bandunglah tempatnya karena disana ada seabreg  kugiran antara lain Savoy Rhythm, Provist (Progressive Student), Diablo Band, The Players, Happiness, Thippiest, Comets, DD (Djogo Dolok), Jack C’llons, C’Blues, Memphis (yang kemudian menjadi Man Face), Delimas, Rhapsodia, Batu Karang, The Peels, Shark Move, Red&White, Topics & Company, The Rollies, Philosophy Gang Of Harry Roesli, Giant Step, Paramour, Finishing Touch, Freedom ,Lizard, Big Brothers dan masih banyak lagi.Banyak dari mereka yang sukses bahkan bertahan namun tidak sedikit yang bertumbangan ditengah jalan dan ada pula para vokalisnya yang dapat bertahan tetapi berganti genre musiknya bahkan ke Dangdhut seperti Jajat Paramour
Sementara Medan memiliki Stadion Teladan, Wisma Ria ataupun Taman Ria dengan seabgeg kugiran cadas-nya seperti Rhythm Kings, Minstreals,The Great Session, The Foxus, Amateur, The Rag Time, Six Men, Grave Men, Copa Tone, Bhineka Nada, Black Spades dan Destroyer, disamping itu tentu saja masih ada banyak kugiran cadas lainnya yang dahsyat seperti Freemen .
Sedangkan kota Solo dijuluki sebagai kota ketiga di Indonesia memiliki stadion Manahan untuk tempat perhelatan musik cadas saat itu. Untuk kugiran musik dijumpai sederet nama yang patut dikedepankan, misalnya Yap Brothers, Tercnhem, Ayodhia, Scorless, dan Fair Stone. Dari sekian nama tersebut ada beberapa yang berhasil  beken, namun ada pula yang terlanjur “tewas”. Setelah Yap Brothers hijrah ke Jakarta, Tercnhem dan Ayodhia pun sekarat, dan Scorless tidak lama kemudian bubar !.
Sedangkan Semarang pada dekade 1970-an merupakan sentral hingar bingarnya musik cadas di Jawa Tengah. Musik di Semarang dilanda trend musik cadas ala Deep Purple, Led Zeppelin, dan sebagainya. Ada tiga nama kugiran musik yang cukup disegani keberadaannya yaitu, Mama Clan’s, Dragon, dan Fanny’s. Mama Clan’s, kugiran semarang yang satu ini tidak hanya berkiprah di kota asalnya, tetapi juga mampu menaklukkan penonton di kota Kembang Bandung yang dikenal sebagai gudangnya kugiran cadas pada dekade 1970-an. Mama Clan’s bahkan juga mampu menawan hati publik Jakarta dengan manggung di Taman Ria Monas tanggal 20 Oktober 1973. Kugiran dari Semarang lainnya bernama Spider, tetapi entah kenapa berubah bernama menjadi Voodoo Child ketika ikut perhelatan musik “Pesta Kemarau 75” di Bandung.
Surabaya memiliki segudang kugiran cadas diera 70-an.  musik AKA merupakan kugiran cadas yang lahir dari kota ini dan dianggap sebagai pelopor musik underground di Indonesia.AKA juga mengusung aksi-aksi panggung yang tidak lazim dipertunjukan ketika itu, karena menampilkan aksi peti mati dan tiang gantungan. kugiran dan pemusik lainnya yang terbentuk di kota yang sama, meliputi AKA, Oorzaak, Yeah Yeah Boys, Lemon Tree’s, D’Hand, Gembels, dan Rock Trikel serta SAS dll.
            Sedangkan kota Malang hanya memiliki sedikit kugiran musik yang eksis pada waktu itu, antara lain: Irama Abadi, Bentoel,Opet, Zodiak, dan Swita Irama. Hampir semua kugiran itu adalah kugiran musik perusahaan atau  yang dibentuk dan didanai oleh instansi atau lembaga tertentu. Sama seperti di Semarang terbentuknya kugiran  musik di Malang pada zaman Orde Lama biasanya bermula dari band sekolah. Tidak seperti di Jakarta, atau Surabaya banyak anak-anak muda Malang ingin bermain musik namun tidak mempunyai alat-alat yang cukup karena harganya mahal. Akhirnya band bisa terbentuk dan manggung setelah didanai oleh suatu perusahaan besar. Nama-nama band yang muncul pun mengikuti nama perusahaan sponsor, seperti band Bentoel. Double Zero dari nama perusahaan rokok Orong Orong dll. Kota Malang pernah dianggap sebagai barometer musik cadas di Jawa Timur, bahkan di Indonesia. Mayoritas warga Malang pada dekade 1970 menggemari musik cadas seperti Deep Purple dan Rolling Stone. Pernah ada suatu angket yang dibuat radio-radio amatir waktu itu dan memang kebanyakan kawula muda di kota Malang menggemari musik cadas sampai keakar akarnya dan hebatnya lagi hal itu masih berlanjut dari generasi ke generasi hingga saat ini.
Tidak Ada Satupun Lagu Indonesia Di Atas Pentas
Bila kugiran cadas sedang manggung mereka sekan-akan Inggris-lah bahasa mereka sehari-hari karena semua lagu yang mereka nyanyikan berbahasa Inggris dimana mereka dapat dengan fasihnya  menyanyikan lagu-lagu seperti dari ;Deep Purple, Jefferson Airplane, Ten Years After, Moody Blues,Camel, Rainbow,Nazareth, Rush, Gentle Giant, Black Sabbath,King Ping Meh, Genesis, Led Zeppelin, Kansas,Yes ,King Crimson,Iron Butterfly,Rainbow,Judas Priest,Uriah Heep, Man Fred Man Earth Band, Rick Wakeman, Johny Winter,Edger Winter,BS&T(Blood Sweat & Tears),Chicago, ELP,Santana,Tower of Power,Jetro Thull, Rolling Stones, STYX,Jimmy Hendrix,Frank Zappa, Rick Wakeman  dll .
Mengapa Mereka Dijuluki Superstar?
Aksi panggung memegang peranan yang penting bagi kesuksesan pementasan musik cadas di era taun 1970-an. Gaya panggung musik cadas di Indonesia sudah meniru kugiran musik dari Barat sejak kemunculannya pada akhir dekade 1960-an. Meskipun secara musikal suatu kugiran musik cadas tergolong berhasil dalam pementasan, tetapi apabila tidak didukung dengan aksi panggung yang memadai maka kugiran tersebut akan terlihat atau terkesan “culun” alias kampungan .Aksi panggung bagi suatu kugiran cadas saat itu sangat perlu diperhatikan agar permainannya tidak kelihatan “katro”.
Selain itu ekspresi wajah juga harus dapat menggambarkan keadaan tema serta karakteristik lagu. Melalui aksi panggung yang ”uedyan” juga akan dapat menutupi kesalahan-kesalahan atau kekurangan yang terjadi dalam penyajian musiknya. Aksi sensasi di panggung merupakan salah satu hal yang penting dalam pertunjukan musik cadas  dan sensasinya  terkadang dapat mendongkrak popularitas dari pemusik itu sendiri.
Sebagai sebuah bentuk seni pertunjukan, pertunjukan musik cadas memiliki gaya aksi tersendiri. Kebebasan dalam bermain musik yang bercorak keras terlihat ”menabrak” batasan-batasan umum, baik musik, lagu maupun gaya pertunjukannya.
Aksi panggung para kugiran cadas dekade 1970-an umumnya cenderung bersifat teatrikal dll atau dengan aksi panggung bakar-bakaran gitar model Blackmore atau Jimmy Hendrix dll. Jadi dalam suatu pertunjukan musik, pemusik tidak hanya menyuguhkan kepiawaian dalam bermusik saja, tetapi juga menampilkan aksi panggung yang sejalan dengan aliran musiknya. Aksi  pertunjukan para wadia balad musik cadas Indonesia banyak terinspirasi oleh gaya panggung para musisi Barat. Sebagian kugiran musik cadas pada dekade 1970-an berlomba-lomba untuk tampil “gokil” abiizz di atas panggung.
Musik Cadas era 1970-an di dunia termasuk di Indonesia adalah musik panggung, karena hal itu merupakan tuntutan penonton untuk mendapatkan hidangan aksi panggung yang gawatnya harus nyaris sama seperti pemain atau penyanyi aslinya.Gokilnya, para musisi kita saat itu dapat berinkarnasi bak para pemain musik Barat layaknya walaupun hanya ditopang oleh alat-alat musik yang masih dikatagorikan sederhana seperti Arthur Kaunang gaya main keyboardnya sangar dan banyak pengamat saat itu yang mengatakan kegarangannya diatas panggung nyaris seperti Keith Emerson, sedangkan Adhi keyboardist Equator Child dan Deddy Dores mereka sering berakrobat dengan kadangkala dance diatas keyboardnya sambil menggunakan kaki mereka dalam memainkan tuts keyboardnya.
            Deddy Dores yang juga disebut-sebut sebagai ”Wonder Guy” karena selalu memakai kacamata hitam baik siang maupun malam, Deddy saat itu disebut sebut sebagai Ritchie Blackmore-nya  Indonesia karena gaya dan permainanya nyaris sama dengan Blackmore seperti yang diuraikan oleh Riza Sihbudi dalam sebuah tulisannya disamping hobby-nya  menghantamkan gitarnya ke sound system atau membanting-bantingkan guitarnya hingga berantakan hal inipun sama dilakukan oleh Atauw guitarist andalan kugiran Equator Child, kugiran cadas yang berasal dari Pontianak yang kemudian berhijrah ke Jakarta itu diawal tahun 70-an sangat dielu-elukan oleh banyak remaja Ibukota maupun tanah air karena disamping kehebatan para pemainnya mereka juga ditopang oleh Imran sang vokalis yang nyentrik, Raden Bonnie Nurdaya atau lebih dikenal sebagai Bonnie Rollies guitarist kebanggaan Rollies itu  gaya permainan gitarnya sering diasosiasikan pada Steve Howe sedangkan Harry Minggus banyak kalangan mengatakan gaya petikan bass-nya seperti Chris Squire.
Kugiran cadas AKA/SAS memiliki Sunatha Tandjung yang kedahsyatan permainannya selalu diasosiasikan dengan Jimmy Page dimana dia sering memainkan guitarnya sambil memutar-mutarnya di udara sehingga menciptakan raungan yang memekakan telinga dalam melengkapi kedahsyatan permainan guitarnya. Pada suatu kesempatan dia pernah berkomentar seusai menonton konser Deep Purple pada 4 & 5 Desember 1975 bahwa permainan Tommy Bolin itu biasa biasa saja  belum lagi Syeh Jeffry Abidin yang dapat julukan John Bonham-nya Indonesia dan jujur penulis akui bahwa permainan Tuan Syeh ini dahsyat dan super mantab sebagaimana beberapa kali penulis saksikan aksi panggungnya baik sewaktu di AKA maupun setelah di SAS pada era awal hingga pertengahan tahun 1970-an.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Awal Mula Perkembangan Musik Indonesia

musik indonesia atau musik Nusantara adalah semua musik yang telah berkembang di negara kita ini, yang mencerminkan ke-Indonesia an, baik itu dalam segi bahasa maupun gaya dari melodinya. Semakin hari semakin terlihat perkembangan musik Indonesia yang sudah semakin pesat. Pada era tahun 70an, perkembangan musik Indonesia di dominasi ole lagu-lagu perjuangan, seperti contohnya lagu Maju tak gentar, gugur bunga, indonesia pusaka, halo-halo bandung, tanah airku, garuda pancasila, dan lagu-lagu perjuangan lainnya yang kemudian disusul oleh lagu-lagu dari Koesplus.
Beberapa tahun kemudian dalam perkembangan musik Indonesia jenis lagu yang paling mendominasi adalah lagu pop yang tempo lagunya lambat dan cenderung agak cengeng. Seperti lagu yang dibawakan oleh penyanyinia nadiati Betharia Sonata, Iis Sugianto, dan beberapa artis lain yang merupakan penyanyi spesialis lagu patah hati/sedih.

Pada saat itu sempat ada larangan terhadap musik cengeng oleh Mentri Harmoko, yang pada akhirnya membuat aliran musik ini menjadi surut dan seperti kehilangan arah. Kemudian pada tahun 90an, perkembangan musik Indonesia di dominasi oleh aliran musik dangdut, bahkan penyanyi yang tadinya beraliran pop beralih ke dangdut, sehingga terciptalah jenis musik baru yaitu pop dangdut. Disaat musik pop kehilangan semangatnya, masuklah musisi asal malaysia yang bernama Ami Search dengan lagunya Isabella, yang kemudian menjadi hits.
Saat itulah musik Malaysia merajai musik Indonesia. Memasuki era 2000an, perkembangan musik Indonesia semakin bergelora, banyak para musisi dari daerah yang mulai percaya diri menunjukkan kebolehannya, lewat kompetisi musik indie. Dari sini perkembangan musik Indonesia semakin terlihat dari banyaknya kompetisi musik yang diadakan untuk mencari bakat baru, serta seringnya sejumlah media yang menghadirkan program-program musik Indonesia.http://dotuku.com/blog/awal-mula-perkembangan-musik-indonesia#.URwuPPIxFkg

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Asal Muasal Kata “Musik”

ASAL MUASAL KATA “MUSIK”?
ORIGIN
Musik (berasal dari bahasa Yunani ‘musiké téchne’ atau bahasa Latin ‘musica’ = art of the Muses) merupakan pengekspresian, pengungkapan, perwujudan, manifestasi artisik dalam kehidupan manusia. Menurut mitologi Antique Yunani, musik merupakan hadiah dewa Apollon dan Muse. Dalam bahasa Yunani mousikê berarti muse, yang artinya seni atau ilmu pengetahuan yang dikuasai oleh para Muses – sembilan dewi yang merupakan anak-anak dari dewa Zeus; setiap Muse mewakili satu bidang seni atau ilmu pengetahuan, seperti: musik (lagu, thimne, koor), tari, teater (puisi, sejarah, filosofi, matematika (aritmatika, geometri, astronomi) dst. Pada umumnya para dewi digambarkan sebagai wanita yang cantik yang menguasai musik instrumen tertentu.
“THE LINK”
BETWEEN MUSIC AND OTHER ASPECTS
Di dalam sejarah, musik selalu dihubungkan dengan bahasa (teks) dan tari yang selalu muncul dalam bentuk baru (opera, balet, art song, dsb.) Umumnya puisi selalu ditampilkan dalam bentuk nyanyian, maupun recitative serta diiringi oleh sebuah instrumen. Salah satu filsuf Yunani yang sangat terkenal, yaitu Plato, bahkan menyarankan generasi muda Yunani untuk mengembangkan kemampuan mereka, baik dalam hal olah raga maupun musik, agar mereka mampu bertempur lebih baik dalam perang, serta mengekspresikan diri melalui lagu. Musik memegang peranan yang sangat penting di setiap aspek kehidupan masyarakat Yunani - mulai dari upacara keagamaan (perkawinan, kematian, panen) hingga perang dan kompetisi. Bahkan dalam mitologi Yunani, musik dianggap berasal dari sesuatu yang sifatnya ilahi, mempunyai kekuatan magis, yang bisa menyembuhkan penyakit, memurnikan tubuh serta menenangkan pikiran.
THE NINE MUSES
Sembilan dewi Muse adalah, sbb:
  • Kleio muse of poetry, history and writing

  • Euterpemuse of lyric poetry and music

  • Thaleia muse of comedy

  • Melpomene muse of tragedy

  • Tepsichoremuse of dance

  • Erato muse of love poetry

  • Polyhymnia muse of oratory, sacred hymns and poetry

  • Uraniamuse of astronomy and science

  • Caliope muse of eloquence and epic poetryhttp://sejarah.kompasiana.com/2012/08/26/asal-muasal-kata-musik-488705.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Contoh-contoh Alat Musik Tradisional Indonesia

                     

Agaknya satu kekayaan negeri yang tidak patut untuk dilupakan adalah alat musik tradisional. Dalam banyak hal, Indonesia tentu memiliki warisan musik tradisionalseperti kerongcong campur sari, dangdut, maupun orkes melayu, di mana semuanya sangat mungkin memakai alat musik tradisional untuk mengembangkan musikalitas. Artikel ini akan sedikit membahas beberapa nama alat musik tradisional ini, yang umunya dikelompokkan lewat beberapa kategori insturmen musik seperti tiup, gesek, dan perkusi. Berikut beberapa nama alat musk tradisional yang dikenal di bumi Indonesia.

Pada kategori perkusi, orang sudah telanjur akrab dengan gamelan. Yang satu ini merupakan istilah untuk merujuk kepada kumpulan alat musik seperti slentem, demung, gong, peking, saron, gender, dan lain sebagainya. Gamelan merupakan kategori nama alat musik tradisional Indonesia yang dikenal mampu menghasilkan nada pentatonis yang bagi sebagian orang dinilai memiliki nilai sakral dan mewakili tradisi musik etnis tertentu. Bali dan Jawa merupakan dua wilayah yang
memiliki corak gamelan yang khas. Pada kategori instrumen musik tiup, Indonesia juga memiliki suling atau tarompet. Dan meskipun dalam jumlah yang terbatas, ohyan dan rebab adalah dua instrumen musik gesek yang cukup dikenal di kalangan penjaga musik tradisional dan juga penggemarnya.

Di luar jenis-jenis instrumen yang disebutkan di atas, orang juga mengenal angklung sebagai bagian dari nama alat musik tradisional Indonesia yang dibunyikan dengan cara digoyang. Dari contoh-contoh di atas, tidak heran bahwa Indonesia disebut memiliki warisan kekayaan budaya musik yang beragam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

alat musik tradisional indonesia


Hampir seluruh wilayah NKRI mempunyai seni musik tradisional yang khusus dan khas. Dari keunikan tersebut bisa nampak terlihat dari teknik permainannya, penyajiannya maupun bentuk/organologi instrumen musiknya. Seni tradisonal itu sendiri mempunyai semangat kolektivitas yang tinggi, sehingga dapat dikenali karakter dan ciri khas masyarakat Indonesia, yaitu yang terkenal ramah dan santun.
Untuk lebih mengenal lebih dekat musik tradisional kita dapat dikategorikan menjadi beberapa kelompok yaitu :
1. Instrumen Musik Perkusi.
Perkusi adalah sebutan bagi semua instrumen musik yang teknik permainannya di pukul, baik menggunakan tangan maupun stik. Dalam hal ini beberapa instrumen musik yang tergolong dalam alat musik perkusi adalah Gamelan, Kendang, Kecapi, Arumba, Talempong, Sampek dan Kolintang, Rebana, Bedung, Jimbe dan lain sebagainya.
a. Gamelan
gamelanalat musik yang terbuat dari bahan logam, gamelan berasal dari daerah Jawa tengah, Yogyakarta, Jawa Timur juga di Jawa Barat disebut dengan Degung dan di Bali disebut Gamelan Bali. Satu perangkat gamelan terdiri dari instrumen saron, demung, gong, kenong, slentem, bonang, peking, gender dan beberapa instrumen lainnya. Disamping itu gamelan mempunyai nada pentatonis/pentatonic.
b. Kendang
0607_kendangsejenis alat musik perkusi yang membrannya berasal dari kulit hewan (kambing). Kendang atau gendang dapat dijumpai di banyak wilayah Indonesia. Di daerah Jawa Barat kendang mempunyai peranan penting dalam tarian Jaipong. Di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali kendang selalu digunakan dalam permainan gamelan baik untuk mengiringi tarian, wayang dan ketoprak. Tifa adalah alat musik sejenis kendang yang dapat di jumpai di daerah Papua, Maluku dan Nias. Rebana adalah jenis alat musik yang biasa di gunakan dalam kesenian yang bernafaskan Islam. rebana dapat dijumpai hampir di sebagian wilayah Indonesia.
c. Kecapi adalah alat musik petik yang berasal dari daerh Jawa Barat. Bentuk organologi kecapi adalah sebuah kotak kayu yang diatasnya berjajar dawai/senar, kotak kayu tersebut berguna sebagai resonatornya. Alat musik yang menyerupai kecapi adalah siter dari Jawa Tengah.
d. Arumba (alunan rumpun bambu) berasal dari daereah Jawa Barat. Arumba adalah alat musik yang terbuat dari bahan bambu yang di mainkan dengan melodis dan ritmis. Pad awalnya arumba menggunakan tangga nada pentatonis namun dalam perkembangannya menggunakan tangga nada diatonis.
e. Talempong adalah seni musik tradisi dari Minangkabau. Talempong adalah alat musik bernada diatonis (do, re, mi, fa, sol, la, si, do).
f. Sampek (sampe/sapek) adlah alat musik yang bentuknya menyerupai gitar berasal dari daerah Kalimantan. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu yang dipenuhi dengan ornamen/ukiran yang indah. Alat musik petik lainnya yang bentuknya menyerupai sampek adalah Hapetan dari daerah Tapanuli, Jungga dari Sulawesi Selatan.
g. Kolintang
kulintangkulintang berasal dari daerah Minahasa. Alat musik ini mempunyai tangga nada diatonis yang semua instrumennya terdiri dari bas, melodis dan ritmis. Bahan dasar dibuat dari kayu dan cara untuk memainkan alat musik ini di pukul dengan menggunakan stik.
h. Sasando adalah alat musik petik berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur, kecapi ini terbuat dari bambu dengan diberi dawai/senar sedangkan untuk resonasinya di buat dari anyaman daun lontar yang mempunyai bentuk setengah bulatan.
i. Rebana
rebana-l
j. angklung
angklung
k. Marsada
hp_marsada
2. Instrumen Musik Gesek.
Instrumen musik tradisional yang menggunakan teknik permainan digesek adalah Rebab. Rebab berasal dari daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta (kesenian betawi). Rebab terbuat dari bahan kayu dan resonatornya ditutup dengan kulit tipis, mempunyai dua buah senar/dawai dan mempunyai tangga nada pentatonis. Instrumen musik tradisional lainnya yang mempunyai bentuk seperti rebab adalah Ohyan yang resonatornya terbuat dari tempurung kelapa. Rebab jenis ini dapat dijumpai di Bali, Jawa dan Kalimantan Selatan.r
3. Instrumen Musik Tiup.
Suling
serulinginstrumen musik tiup yang terbuat dari bambu hampir semua daerah di Indonesia dapat dijumpai alat musik ini. Saluang adalah alat musik tiup dari Sumatera Barat, serunai dapat dijumpai di Sumatera Utara, Kalimantan. Suling Lembang berasal dari daerah Toraja yang mempunyai panjang antara 40 – 100 cm dengan garis tengah 2 cm.
Tarompet, serompet, selompret adalah jenis alat musik tiup yang mempunyai 4 – 6 lubang nada dan bagian untuk meniupnya berbentuk corong. Seni musik tradisional yang menggunakan alat musik seperti ini adalah kesenian rakyat Tapanuli, Jawa Barat, Jawa Timur, Madura dan Pa

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sejarah Musik Indonesia

Berbicara tentang sejarah musik, musik telah dikenal sejak jaman nenek moyang kita. Musik kerap kali mengiringi upacara – upacara adat tertentu. Indonesia sendiri memiliki beragam jenis musik, hal ini dipengaruhi banyaknya suku adat yang ada. Dari 17.508 pulau yang ada di Indonesia memiliki budaya dan jenis musik sendiri. Tak salah bila Indonesia menjadi negara kaya akan seni dan budaya, termasuk seni musik ini. Musik tradisional yang paling banyak digemari adalah musik Gamelan dan Keroncong. Sedangkan musik moderen yang paling populer adalah musik pop dan dangdut. Musik menurut Aristoteles mempunyai kemapuan mendamaikan jiwa yang gundah, mempunyai terapi yang rekreatif dan munumbuhkan jiwa patriotisme. Ya kalo lagunya Garuda Pancasila, lha kalo lagunya Kamulah mahkluk Tuhan yang paling sexy milik Mulan Jameela..hehe


Jika menurut saya musik adalah sebuah irama yang berasal dari suatu alat musik yang dimainkan secara bersamaan. Terkadang musik juga bisa berasal dari bebunyian benda – benda yang dimainkan oleh sekelompok orang, contoh seperti kelompok – kelompok perkusi yang memainkan benda -benda yang bukan termasuk alat musik ( galon air, ember, botol, dll ).

Sejarah musik keroncong masuk di Indonesia dibawa oleh bangsa Portugis saat memasuki Indonesia. Pada awal tahun 1900 musik keroncong dianggap musik rendahan. Akan tetapi setelah tahun 1930 an musik keroncong mulai banyak digemari, saat itu dunia perfilman mulai menggabungkan musik keroncong dalam film – film yang diproduksi. Ketika itu musik keroncong terhubung dengan perjuangan kemerdekaan. Dan lagu keroncong yang sangat populer saat itu adalah Bengawan Solo ciptaan Gesang Martohartono yang ditulis pada tahun 1940. Lagu ini ditulis ketika Tentara Kekaisaran Jepang menguasai pulau Jawa pada Perang Dunia II. Tidak hanya populer dikalangan orang Jawa saja, akan tetapi lagu ini juga populer di kalangan tentara Jepang, ketika selesai perang lagu ini dibawa ke Negara asal nya dan mereka menyanyikannya di sana. Banyak penyanyi Jepang yang membuat best seller dengan lagu Bengawan Solo ini.


Dangdut, mejadi musik yang lebih modern dari Keroncong termasuk musik yang sangat banyak digemari di negeri ini. Walopun sebagian orang menganggap dangdut tergolong musik rendahan, namun tetap bertahan sampai sekarang. Dangdut juga tergolong musik dansa, dan sudah populer sejak tahun 1970 an. Dangdut memang sangat cocok dengan kondisi negara kita saat ini, dengan mengikuti irama musik dangdut seakan menghilangkan beban yang ada. Biarpun harga – harga melambung tinggi, goyang terus…tariik maang.. Dalam perkembangannya dangdut memang akrab ditelinga rakyat menengah ke bawah. Makin populer ketika muncul gelar Raja Dangdut ( Rhoma Irama ) dan Ratu dangdut ( Elvi Sukaesih ). Sampai sekarang musik dangdut masih sering terdengar ketika kita melintas dijalan – jalan perkampungan, perumahan bahkan di perkotaan. Sesekali saya saran kan dengarkan musik dangdut ini, tak usah malu..musik dangdut juga musik asli Indonesia. Dangdut is the music of my country seperti lagu Project P.

Sedangkan perkembangan musik Pop di Indonesia juga tak kalah cepat. Banyak sekali bermunculan band – band baru di Indonesia, dan semakin menambah semarak perkembangan musik di tanah air. Namun jika kita lihat sangat sedikit band – band yang mengusung musik daerah, apalagi dengan lagu bahasa daerah. Hampir tidak pernah kita temui. Namun begitu tetap juga ada sekelompok kecil yang tetap mempertahan kan musik daerah atau lagu dengan bahasa daerah, salah satunya adalah band dengan aliran Rock Funk de Java yang tetap mempertaha kan lirik lagunya dengan bahasa daerah. Waah…ini baru gebrakan, pengen tau seperti apa musik mereka…silahkan cari aja di google dengan mengetikkan keyword Funk de java. Satu lagi band yang mengusung musik – musik penggugah semangat anak muda untuk cinta Indonesia adalah Band Cokelat, pastinya sudah kenal kan..tak usah di uraikan profilnya..hehe

Dengan semakin berkembangnya musik di tanah air ini, harapannya semoga para pekerja musik di tanah air ini tetap mempertahankan budaya yang ada. Sehingga musik – musik daerah tetap bisa bertahan, walopun dengan sedikit sentuhan berbeda. Jika para pekerja musik bisa kreatif musik – musik daerah bisa dikembangkan atau mungkin diaransemen ulang dengan sedikit tambahan musik modern. Saya yakin hasilnya tetap enak didengar…saya inget teman saya pernah ngomong bahwa musik adalah bahasa universal..yang penting enak didengar, membuat kita rileks kenapa enggak..bagaimana dengan pendapat para sahabat??http://dick-stars.forumid.net/t122-sejarah-musik-indonesia

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sejarah Musik K-Pop.


Mungkin beberapa kpopers sudah pada tau….
Tapi bagi yang belum tau,ya ditau-tauin aja *plakkkk* o.O
Lest chek it out!! ^^

Musik pop Korea berawal tahun 1992 dimana grup K-Pop laki jaman itu, Seo Taiji & Boys mulai membuat lagu techno dan rap rock dengan bahasa Korea, yang menjadi titik balik bagi musik Korea *tahun segitu belum dikenal kan K-Pop di Indonesia?*. Seorang bernama Lee Soo Man mendirikan SM Entertainment *FYI, ini perusahaan rekaman yang cukup berhasil, contohnya adalah Shinee, Super Junior dan SNSD yang asalnya dari sana* tahun 1995, yang membuat K-pop mulai mendunia, yang kemudian diikuti YG Entertainment *yang menghasilkan 2NE1, Big Bang, Lexy, dll*, DSP Entertainment *yang menghasilkan KARA,SS501* dan JYP Entertainment *JYP diambil dari nama om Jin Young Park, penyanyi solo Korea, perusahaan ini juga menghasilkan bintang yang sukses: 2AM, 2pm, dll*. Awal mula grup K-Pop mulai akhir 1990an *tahun 97-99*, dan juga musik hip-hop yang dipopulerkan 1TYM *dinaungin YG Entertainment juga*

Pada tahun 2000an, musik K-Pop makin populer, karena efek globalisasi juga karena perusahaan rekaman berani mengambil langkah: seleksi. Setelah lulus seleksi, perusahaan rekaman akan melatih kandidat secara intensif, dari latihan suara, olahraga biar bodinya oke, belajar koreografi profesional, dan belajar bahasa asing sambil sekolah. Total waktu latihan bisa 2 tahun lebih, dan bisa menghabiskan dana sampai US$400K *sekitar Rp 3,7 miliar*. Beda banget sama artis sini, kayaknya gampang banget jadi bintang *jadi, orang Korea ga cuma ingin mereka tenar, tapi memastikan mereka pinter dan berkualitas*. Musik K-Pop mulai memengaruhi dunia, terutama Amerika Serikat, Kanada dan Australia. Tahun 2010 kemaren, penyanyi solo Taeyang dan grup 2NE1 mulai menduduki urutan pertama tangga lagu di sana dan mengeluarkan banyak hits. Malahan, tahun 2009, grup Wonder Girls masuk tangga lagu US Billboard Hot 100, yaitu seleksi khusus 100 lagu paling top di Amrik, dengan lagu Nobody. Kenapa musik K-Pop begitu populer? Karena yang di Korea tau, sekarang jaman dah beda, banyak remaja pengen lagu yang dinamis dan ngebeat, dan jangan heran, lagu K-pop mempunyai segmentasi pasar remaja *Teen pop*.

Artis-artis K-Pop makin populer saat ini dengan kerjasama dengan artis non-Korea, contohnya 2NE1 yang kolaborasi sama will.i.am. Mengenai demam Korea, sebutannya Korean Wave. Fenomena ini adalah fenomena dimana budaya pop Korea menjadi ‘merakyat’. Maksudnya adalah, masyarakat mulai suka sama pop culturenya Korea *jadi harap maklum sama fanatik k-pop ya*. Nih saya kasih beberapa ciri khas K-Pop:

1. Tempo relatif cepat (BPM mungkin diatas 110)
2. Bahasa yang dipakai utamanya Korea, tapi biasanya sekarang dicampur bahasa Inggris
3. Lirik yang ada pake huruf asli korea (Hangul).
4. Suara penyanyinya jempolan (penyanyi punya kualitas)
5. Lagu yang dibawakan bernuansa gembira, jarang ada yang mendayu-dayu
6. Dalam videoclip disertai koreografi berupa dance, menandakan lagu K-pop biasanya energik (liat point 1).

Inilah Alasan “Mengapa Kamu Menyukai Artis Kpop”
Dan ini jawabannya..

1. Para Member Boyband dan GirlBand Korea harus melewati masa trainee sebelum debut, ini membuat mereka dapat tampil bagus saat debut.
2. Memiliki tehnik dance/menari yang bagus
3. Lagu-lagu Korea bersifat easy listening dan mudah dihafal.
4. Lagu-lagu Korea memiliki banyak jenis, ada yang cocok untuk ngedance, ada yag cocok untuk dihayati (lagu ballad)
5. Artis Kpop adalah seorang yang pekerja keras, terbuti dari usahanya mengikuti trainee bertahun-tahun
6. Memiliki kualitas yang tinggi dan prefesional.
7. Memiliki kepribadian yang unik
8. Dapat menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Misalnya, saat di variety show mereka kan menjadi sosok yang lucu dan *gokil. Pada saat di panggung mereka dapat tampil dengan serius.
9. Kreatif, memiliki konsep yang berbeda untuk setiap lagunya.
10. Multitalented. Bisa bernyanyi , dance, serta acting.
11. Menghargai para fans nya.
12. Kompak, satu sama lain.
13. Style Fashion mereka selalu keren dan bisa menjadi panutan
14. Lirik dari lagunya mempunyai arti yang bagus.
15. Mereka selalu mengusahakan agar tampil Live *tidak lypsinc*kecuali ada hal-hal tertentu yang memaksa mereka untuk lypsinc
16. Eksis di bidang nyanyi, MC, bahkan drama. Mereka menjalankan itu semua dengan tekun dan rajin
17. Tidak Jaim kepada para fans. Mereka mau menunjukkan siapa dirinya yang sebenarnya kepada masyarakat
18. Mereka “tahan banting”. Mereka rela perform di panggung walaupun dalam keadaan sedang tidak enak badan
19. Beberapa diantaranya,bisa berakting, dan aktingnya bisa terlihat real, artinya tidak terlihat seperti dibuat-buat
20. Hidup untuk fans. Mau mengeluarkan seluruh tenaganya demi kesenangan fans
21. Memiliki Wajah dan penampilan yang eye cathing
22. Kebanyakan Memiliki senyuman maut dan eye smile
23. Memiliki tubuh yang indah dan itu semua mereka dapatkan dengan susah payah.
24. Mereka adalah orang yang energic dan bersemangat
25. Setiap boyband/Girlband memiliki ciri khasnya masing-masing
26. Menggunakan Make Up yang natural
27. Bisa menjadi trendsetter bagi orang lain
28. Punya lightstick dan official color sendiri yang menunjukkan ciri dari GB/BB itu
29. Biasanya, mereka bisa berbahasa asing (Jepang/inggris/Thailand/china)
30. Lebih mementingkan Fans daripada Pacarnya. Buktinya banyak diantara artis Kpop yang belum memiliki pacar.
31. Memiliki nama Fanclub yang unik
32. Suka mengadakan konser internasional, ini menunjukkan mereka mempunyai popularitas yang tinggi
33. Cover Design albumnya keren dan inovatif
34. Ada seleksi yang ketat untuk menjadi trainee, berarti yang debut saat ini, adalah orang-orang yang terpilih
35. Mereka bersaing secara sportif. Ini terbukti sesame artis Kpop walaupun beda managemen, mereka tetap bersahabat.http://id-id.facebook.com/note.php?note_id=281448011877164


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pengertian definisi musik

Pengertian dan Definisi Musik - Definisi Definisi » Pengertian dan Definisi Musik

Definisi

Pengertian dan Definisi Musik







Disadari atau tidak, dalam kehidupan kita sehari hari banyak melibatkan
musik karena definisi paling mendasar dari musik itu sendiri adalah
merupakan bunyi yang teratur. Musik sendiri mempunyai banyak kegunaan
dalam kehidupan kita sehari - hari. Mulai dari janin masih di dalam perut
sampai saat kita menjadi dewasa dan tua bisa memanfaatkan musik tersebut.
Sehingga tidak heran bila dunia musik selalu berkembang seiring dengan
kebutuhan umat manusia.


Berikut ini adalah pengertian dan definisi musik:

# PHILIP SHEPPARD
Musik adalah sisem yang unik untuk mengomunikasikan ide dan emosi

# MASDUKI
Musik adalah produk kebudayaan manusia. Keterkaitan antara musik dan
manusia selalu menjadi fokus kajian karena kebudayaan musik adalah produk
konseptual (cognitive) dan perilaku (behavior) masyarakat

# DAVID EWEN
Musik adalah ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik dari
nada-nada, baik vokal maupun instrumental, yang meliputi melodi dan
harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan
terutama aspek emosional

# SCHOPENHAUER
Musik adalah melodi yang syairnya adalah alam semesta

# DELLO JOIO
Mengenal musik dapat memperluas pengetahuan dan pandangan selain juga
mengenal banyak hal lain di luar musik. Pengenalan terhadap musik akan
menumbuhkan rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan
dimensi lain dari suatu kenyataan yang selama ini tersembunyi

# SUHASTJARJA
Musik ialah ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk suatu konsep
pemikiran yang bulat, dalam wujud nada-nada atau bunyi lainnya yang
mengandung ritme dan harmoni, serta mempunyai suatu bentuk dalam ruang
waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam lingkungan

# BLACKING, 73
Musik merupakan ciri khusus spesies manusia karena musik merupakan aspek
perilaku manusia yang ada di mana - mana

# ADJIE ESA POETRA
Musik merupakan bunyi yang teratur, bukan saja bersifat moral normatif,
melainkan juga diakui selaras berdasarkan penghitungan para ahli ilmu
fisika




Video cara menciptakan kreasi musik dengan komputer


Dalam video ini akan dijelaskan cara menciptakan sebuah musik dengan
menggunakan sebuah software komputer

Pengertian musik. Definisi musik. Artikel seni musik. Pengertian seni
musik menurut para ahli. Pengertian musik menurut para ahli. Pengertian
musik mancanegara. Arti musik.
Pengertian seni musik. Pengertian musik non tradisional. Musik. Definisi
seni musik. Definisi musik menurut para ahli. Definisi lagu. Latar
belakang musik nusantara.
Pengertian musik tradisional mancanegara. Fungsi musik mancanegara.
Fungsi musik non tradisional. Makna musik. Pengertian boyband. Musik non
tradisional. Pengertian seni musik nusantara.
Makna musik tradisional mancanegara. Konsep seni musik. Defenisi musik.
Musik menurut para ahli. Musik non tradisional mancanegara. Pengertian
tentang musik. Pengertian musik menurut aristoteles.
Artikel seni musik nusantara. Pengertian latar. Konsep musik. Pengertian
musik non tradisional nusantara. Makalah seni musik. Artikel tentang seni
musik. Makalah musik.
Devinisi musik. Makna dan peranan musik tradisional mancanegara.
Pengertian musik kreasi. Apa arti musik. Pengertian musik . Ciri
ciri musik non tradisional. Definisi musik nusantara.
Musik nontradisional. Pengertian musik menurut ahli. Musik non
tradisional nusantara. Peranan musik mancanegara. Definisi musik
tradisional mancanegara. Gambar musik. Pengertian seni musik mancanegara.
Pengertian musik nontradisional. Definisi musik non tradisional.
Pengertian lagu menurut para ahli. Makna musik non tradisional. Definisi
musik mancanegara. Defenisi musik menurut para ahli. Musik dan manusia.
Makalah seni musik nusantara. Arti dari musik. Definisi lagu menurut para
ahli. Seni musik. Definisi tentang musik. Fungsi musik non tradisional
nusantara. Makna dan peranan musik mancanegara.
Pengertian musik nusantara. Arti musik mancanegara. Manfaat seni musik.
Pengertian seni musik tradisional mancanegara. Peranan musik non
tradisional nusantara. Pengertian seni musik non tradisional. Ilmu musik.
Pengertian musik menurut para ahli musik. Pengertian music. Manfaat musik
non tradisional. Latar belakang musik non tradisional. Artikel musik
mancanegara. Musik definisi. Kliping seni musik.
Pengertian dari musik. Artikel fungsi musik mancanegara. Arti musik
menurut para ahli. Definisi musik menurut ahli. Pengertian lagu dewasa.
Definisi ritme. Makalah musik non tradisional.
Pengertian seni musik dan gambarnya. Arti seni musik. Definisi tentang
seni musik. Pengertian musik duniawi. Pengertian musik manca negara.
Makna musik mancanegara. Pengertian musik tradisional.
Makna musik non tradisional nusantara. Penertian musik. Pengertian musik
dari para ahli. Pengertian dan definisi seni musik. Pengertian musik
tradisional nusantara. Pengertian seni musik tradisional. Makna dan
peranan musik non tradisional mancanegara.
Definisi kajian musik nusantara. Pengetian musik.

* Angklung, Alat Musik Khas Sunda
* Tari Tarian Tradisonal Aceh
* Contoh Laporan Pertanggungjawaban
* Cara Senam Aerobik
* Kebudayaan Malaysia
* Cara Membuat Video
* Band - Band Malaysia
* 10 Band dari Jogja
* Profil dan Foto - Foto Shinee
* Jogja Hip Hop
Pengertian dan Definisi Musik - Definisi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pengertian dan Definisi Musik

Disadari atau tidak, dalam kehidupan kita sehari hari banyak melibatkan musik karena definisi paling mendasar dari musik itu sendiri adalah merupakan bunyi yang teratur. Musik sendiri mempunyai banyak kegunaan dalam kehidupan kita sehari - hari. Mulai dari janin masih di dalam perut sampai saat kita menjadi dewasa dan tua bisa memanfaatkan musik tersebut. Sehingga tidak heran bila dunia musik selalu berkembang seiring dengan kebutuhan umat manusia. 
 
 
Berikut ini adalah pengertian dan definisi musik:
 
# PHILIP SHEPPARD
Musik adalah sisem yang unik untuk mengomunikasikan ide dan emosi
 
# MASDUKI
Musik adalah produk kebudayaan manusia. Keterkaitan antara musik dan manusia selalu menjadi fokus kajian karena kebudayaan musik adalah produk konseptual (cognitive) dan perilaku (behavior) masyarakat
 
# DAVID EWEN
Musik adalah ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental, yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek emosional
 
# SCHOPENHAUER
Musik adalah melodi yang syairnya adalah alam semesta
 
# DELLO JOIO
Mengenal musik dapat memperluas pengetahuan dan pandangan selain juga mengenal banyak hal lain di luar musik. Pengenalan terhadap musik akan menumbuhkan rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan dimensi lain dari suatu kenyataan yang selama ini tersembunyi
 
# SUHASTJARJA
Musik ialah ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk suatu konsep pemikiran yang bulat, dalam wujud nada-nada atau bunyi lainnya yang mengandung ritme dan harmoni, serta mempunyai suatu bentuk dalam ruang waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan  manusia lain dalam lingkungan
 
# BLACKING, 1973
Musik merupakan ciri khusus spesies manusia karena musik merupakan aspek perilaku manusia yang ada di mana - mana
 
# ADJIE ESA POETRA
Musik merupakan bunyi yang teratur, bukan saja bersifat moral normatif, melainkan juga diakui selaras berdasarkan penghitungan para ahli ilmu fisika
 
Pengertian musik. Definisi musik. Pengertian musik mancanegara. Artikel seni musik. Pengertian seni musik menurut para ahli. Pengertian musik menurut para ahli. Arti musik.
Pengertian seni musik. Pengertian musik non tradisional. Musik. Definisi seni musik. Definisi musik menurut para ahli. Definisi lagu. Makna musik.
Pengertian musik tradisional mancanegara. Definisi seni musik menurut para ahli. Pengertian musik tradisional menurut para ahli. Latar belakang musik nusantara. Fungsi musik mancanegara. Defenisi musik. Makalah musik.
Pengertian seni musik nusantara. Fungsi musik non tradisional. Makna musik tradisional mancanegara. Pengertian boyband. Musik non tradisional. Pengertian tentang musik. Musik menurut para ahli.
Konsep seni musik. Musik non tradisional mancanegara. Konsep musik. Artikel seni musik nusantara. Devinisi musik. Pengertian musik kreasi. Definisi musik nusantara.
Pengertian latar. Makalah seni musik. Artikel tentang seni musik. Pengertian musik non tradisional nusantara. Pengertian musik nontradisional. Makna dan peranan musik tradisional mancanegara. Apa arti musik.
Definisi musik mancanegara. Pengertian seni musik mancanegara. Pengertian seni musik menurut ahli. Pengertian musik menurut ahli. Pengertian music. Peranan musik mancanegara. Pengertian musik daerah.
Ilmu musik. Artikel musik mancanegara. Ciri ciri musik non tradisional. Definisi musik tradisional mancanegara. Musik nontradisional. Pengertian lagu menurut para ahli. Definisi musik non tradisional.
Pengertian musik nusantara. Definisi tentang musik. Musik non tradisional nusantara. Gambar musik. Arti musik mancanegara. Arti dari musik. Pengertian dan definisi seni musik.
Definisi lagu menurut para ahli. Musik definisi. Pengertian seni musik tradisional mancanegara. Makalah seni musik nusantara. Pengertian dari musik. Defenisi musik menurut para ahli. Pengertian musik menurut beberapa ahli.
Pengertian musik menurut para ahli musik. Makna musik non tradisional. Makna dan peranan musik mancanegara. Pengertian seni musik dari berbagai ahli. Musik dan manusia. Contoh pengertian musik mancanegara. Pengertian musik mancanegara adalah.
Pengertian seni musik menurut para tokoh. Pengertian musik manca negara. Seni musik. Pengertian musik menurut plato. Fungsi musik non tradisional nusantara. Pengertian seni musik non tradisional. Manfaat seni musik.
Peranan musik non tradisional nusantara. Pengertian seni musik dan gambarnya. Artikel pengertian musik mancanegara. Definisi seni musik menurut para tokoh. Definisi tentang seni musik. Kliping seni musik. Arti seni musik menurut para ahli.
Pengertian musik daerah menurut para ahli. Pengertian lagu dewasa. Manfaat musik non tradisional. Penertian musik. Latar belakang musik non tradisional. Pengertian musik duniawi. Artikel fungsi musik mancanegara.
Artikel seni musik mancanegara. Pengertian musik dari para ahli.http://febidwiputra.blogspot.com/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KERAGAMAN LAGU MANCANEGARA DI ASIA

Lagu yang berasal atau lagu yang berada di luar negeri atau di negara asing disebut lagu mancanegara. Lagu  mancanegara di Asia dalam khasanah musik  Indonesia mempunyai pengertian lagu yang berasal dari luar negeri dalam lingkup dan dibatasi Asia.
Lagu merupakan ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media nada baik dari suara manusia maupun alat musik. Mancanegara mempunyai arti luar negeri/ di luar Indonesia/ negara asing. Jadi lagu mancanegara adalah lagu yang berasal atau lagu yang berada di luar negeri atau di negeri asing.
Lagu mancanegara di Asia dalam khasanah musik Indonesia mempunyai pengertian lagu yang berasal dari luar negeri dan dibatasi di Asia seperti musik yang berasal dari China, India, timur Tengah, Melayu, Jepang dan sebagainya.

Ringkasan Materi

A.    Musik Barat dan Timur
Menurut sejarah seni,musik dianggap sebagai seni yang paling tua usianya. Bahkan sama tuanya dengan keberadaan manusia di bumi. Ini karena semenjak lahir kita sudah berhubungan dengan musik. Dalam peradaban masyarakat Mesir dan Yunani kuno, musik dianggap sebagai suatu aktivitas yang penting. Hal ini terbukti dengan lukisan-lukisan purba yang menggambarkan kegiatan musik. Mereka banyak mempergunakan musik dalam kegiatan upacara-upacara ritual yang berhubungan dengan kekuatan ghaib.
Daalam perkembangan sejarah musik,terdapat dua rumpun musik yangt berbeda yaitu musik yang berasal dari barat dan musik yang berasal dari timur. Masing-masing rumpun musik tersebut memiliki system nada yang berbeda. Musik barat menggunakan system nada-nada yang matematik, dimana nada-nadanya disusun berdasarkan frekuensi yang tetap dalam tujuh nada (tangga nada diatonis) yang kemudin berkembang menjadi system 12 nada yang berjarak sama (tangga nada kromatis).Sedangkan musik timur menggunakan system nada yang amatematik, yaitu tangga nada pentatonic yang nada-nadanya disusun dalam jarak yang tidak sama untuk satu oktafnya.
Sistem musik barat digunakan dalam pengembangan dalam daya pikir abstrak, imajinasi, dan kreativitas. Musik dapat dipelajari secara lebih nyata. Hal ini telah dapat membawa musik barat memasuki wilayah timur dengan kegunaan yang lebih luas daripada musik timur.


B.     Perkembangan Musik Mancanegara di Asia
1.      Indonesia
Di Indonesia dalam masa berjayanya kerajaan-kerajaan besar di Indonesia. Musik bisa di bilang berkembang secara primitif atau masih bersifat lokal/ kedaerahan. Berbagai daerah di Nusantara masih menggunakan musik-musik bertangga nada pentatonic. Sebagai contoh berkembangnya musik gamelan di pulau jawa, ataupun musik-musik berorientasi kerajaan.
Tahun 1950 menjadi titik balik perkembangan musik di Indonesia yang sesungguhnya. Tahun-tahun tersebut merupakan awal pembinaan musik melalui disiplin akademik Beberapa orang muda Indonesia maneruskan pendalaman musik di luar negeri. Ditandai munculnya komposer-komposer muda seperti : W.R Supratman, Amir Pasaribu, Koesbini, Mochtar Embut, A. Riyanto, dll. Di tahun-tahun ini pula, musik populer berkembang dibandingkan musik tradisional.
2.      Oriental
Yaitu musik yang berkembang di daratan China, Jepang, Korea, dan Hongkong. Negara-negara tersebut ada kesamaan dalam cara hidup, adat istiadat, industri, dan bidang seni, tetapi perihal peradaban dan perkembangannya, Jepang adalah lebih muda dari pada China. Musik pada bangsa Jepang masih sekeluarga dengan musik China dan alat-alat musik yang terdapat di Jepang mirip dengan alat musik yang berada di negeri China Musik tersebut diciptakan oleh orang China yang dipengaruhi oleh daerah linguistik, grup etnis dan latar belakang sosio cultural. Musik China dikelompokkan menjadi musik tradisi kuno dan modern. Flute Jiahu adalah alat musik dari tulang yang ditemukan didaratan China. Alat tersebut merupakan instrumen musik  tertua di dunia. Musik modern china merupakan hasil persilangan musik tradisional China dengan musik popular.
Berdasarkan alat musiknya, musik china dikelompokkan menjadi musik China kuno dan musik China modern.
Instrumen musik China  kuno antara lain :
-                Flute (dizi).
-                Paixio
-                Perkusi ; lonceng (qin), drums (gu), Gong (luo).
-                Kecapi (ruan, qin, pipa, sanxian).
Instrumen musik china modern antara lain :
-                Suona.
-                Yang qin.
-                Bili.
-                Berbagai jenis biola
-                Kecapi leher bengkok.
Di Jepang terdapat alat musik yang bernama koto, yaitu Kin-koto yang berdawai 13 dan Yamuto-Koto yang berdawai 5 helai. Di antara alat musik yang berdawai di Jepang terdapat sejenis mandolin (luit), Shamisen yangb berbadan persegi dan berleher panjang, berdawai 3 helai, dimainkan dengan alat petik. Di Korea sendiri peradabanya sama dengan Jepang, sedangkan Hongkong yang merupakan koloni Inggris perkembangan musiknya terpengaruhi perkembangan musik barat dan China.
3.      Hindustan
Yang amat dominan pada musik Hindustan adalah negara India atau Pakistan. Musik Hindustan mudah dikenali dari ritme instrumen tabla yaitu kendang India berbentuk bejana (kendil), dimainkan dengan sentuhan jari dan telapak tangan.
Alat musik India yang lainya yaitu Vina, yaiut alat musik petik India. Alat itu mempunyai 7 dawai  dengan jangkauan nada  yang lebih luaus dari 2 oktaf. Alat ini adalah alat yang paling sempurna dan yang paling mengakar di hati masyarakat India dibandingkan dengan alat-alat yang lain. Musik/ lagu-lagu Hindustan popular karena sering digunakan sebagai ilustrasi musik (musik Score) dalam industri perfilman di Bollywood. Lagu-lagunya yang popular dan familiar adalah diantaranya lagu Kuch Kuch Hotahai.
4.      Timur Tengah/ Padang Pasir
Musik Timur Tengah antara lain musik Gambus. Musik gambus adalah musik berirama padang pasir (bernafaskan islam). Musik ini menggunakan alat musik gitar gambus (luth). Gitar gambus adalah alat musik dawa yang ditala secara rangkap seperti mandolin. Disamping itu juga menggunakan alat musik Rebana, Bass, Seruling, Gendang, Akordion,dan Biola.

5.      Melayu
Rumpun Melayu diantaranya Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam , temasuk Indonesia. Musik Melayu cirri utamanya adalah menggunakan alat musik membranofon atau gendang tradisional yang memungkinkan membawa sentuhan dendang dan joget. Musik Melayu di Indonesia identik disebut dengan musik dangdut.
Ciri musik dangdut :
-                Irama musik dihasilkan oleh permainan dua kendang yang dapat menghasilkan bunyi “dang” dan “dut”.
-                Bunyi “dang” jatuh pada birama ke empat pada hitungan keempat.
-                Bunyi “dut” pada hitungan pertama birama berikutnya.
Musik/ lagu mancanegara di Asia disajikan dalam bentuk musik vokal maupun musik instrumen.

C.     Apresiasi lagu mancanegara di Asia.
Apresiasi yaitu suatu kegiatan seseorang di dalam meniali atau menghargai karya seni. Penilaian yang lahir setelah melihat karya seni dapat bermacam-macam bentuknya. Hal tersebut timbul karena tingkat penilain seseorang terhadap seni beragam dan dipengaruhi latar belakang, tingkat intelektual dan status social yang beragam pula.
Ketika akan dapat menilai suatu lagu/ karya musik apabila kita menegrti benar-benar tentang lagu secara keselruhan mulai dari melodi, harmoni, ritme, birama, tangga nada, dan sebagainya. Apabila kita sudah dapat memahami lagu dengan baik, maka proses ini akan membantu menjadi seorang apresiator yang baik. Di dalam apresiasi karya seni dikenal dengan tiga tingkatan apresiasi yaitu :
1.            apresiasi empatik, adalah apresiai yang hanya menilai baik dan kurang baiknya sebuah karya seni berdasarkan penglihatan mata saja.
2.            Apresiasi estetis, adalah apresiasi tentang keindahan dan mempunyai penilain tentang keindahan karya seni tersebut.
3.            Apresiasi kritis, Adalah apresiasi yang sudah dalam tingkat penganalisaan.

Ketika akan dapat menilai sebuah lagu/ karya musik apabila kita mengerti benaR tentang lagu secara keseluruhan mulai dari melodi, harmoni, ritme, tangga nada dan sebagainya. Apabila kita sudah dapat memahamim lagu dengan baik, maka proses ini akan membantu menjadi seoprang apresiator yang baik.
Substansi dasar dari musik adlah bunyi yang unsurnya disebut nada, yaitu bunyi yang mempunyai getaran teratur tiap detik denga sifat tinggi, panjang, keras, lembut, dan warna yang berbeda.


  1. Melodi
Melodi adlah naik turunya nada yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendahnya atau neik turunya.
  1. Ritme
Ritme atau irama adalah gerak nada yang teratur mengalir karena munculnya aksen tetap.
  1. Birama
Birama yaitu suatu tanda untuk menunjukkan jumlah ketukan dal;am satu ruas birama.
  1. Harmoni
Harmoni adalah hal yang berhubungan dengan keselarasan paduan bunyi.
  1. Tangga nada
Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang.

D.    Keunikan lagu mancanegara di Asia
1.      Musik Melayu
Melayu adalah musik yang tumbuh dan berkembang di negara rumpun melayu seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam. Untuk negara Filliphina karena bekas jajahan Portugal musiknya langsung berkiblat pada musik diatonis barat. Ciri khas pada musik melayu adalah mempergunakan gendang tradisional ataupoun rebana berukuran besar yang memungkinkan membawa sentuhan dendang dan joget melayu. Instrumen yang dominan adalah biola dan accordion dan gong. Khusus untuk negara Indonesia yang berkembanh musik melatu hanya daerah sumatera khususnya daerah Riau dan Sumatera Barat.
2.      Musik Oriental
Musik Oriental berkembang di Cina, Korea, Jepang. Keunikan pada musik Cina maupun Jepang adalah pada instrumen khususnya alat musik string baik yang dipetik maupun yang digesek. Tangga nada yang digunakan adalah tangga nada pentatonic (1 2 3 5 6) (do re mi sol la). Karena instrumen yang unik dan khas maka sudah barang tebtu ketika dimainkan akan menimbulkan suasana musik yang amat ekspressif. Contoh alat musik string Cina dan Jepang :
a.                   Koto adalah gitar klasik Jepang ke-13 senarnya yang dimainkan dengan dua tangan dapat menghasilkan musik yang sangat ekspressif.
b.                  Qina Adalah siter Cina, Setiap senar berjumlah empat belas menghasilkan nada rendah dan tinggi tergantung pada sisi mana kuda-kuda tempat senar ditabuh.
c.                   Shamisen adalah kecapi berleher panjang yang sering dimainkan di Jepang. Ketiga senar shamisen disetem dalam berbagai macam nada, termasuk satu seteman untuk musik gembira. Pemain menggunakan pemetik. Senar dan penabuh perut dari kulit kucing. Perut di pelurut dengan kulit domgba untuk menahan pukulan pemetik.
d.      San xian adlah kecapi Cina yang mirip denga shamisen Jepang. San xian berarti tiga senar.
3.      Musik Hindustan/ India
Musik Hindustan tumbuh dan berkembang di negara India, Pakistan, Bangladesh, tetapi yang paling dominan adalah di negara India. Cirri khasnya adalah terletak pada ritmr yang disebut tabla, dan instrumen string yang disebut gitar. Instrumen musik India antara lain :
a.             Tabla adalah sepasang drum uang memimpin gitar dan tambura dalam musik klasik India. Pemain tabla memukul bagian tengah kulit pukul dengan jari sedangkan telapak tangan menekan bidang pukul untuk membuat variasi nada.
b.            Sitar adalah gitar klasik India semacam kecapi yang memilikki tujuh senar utama yang terbentang melewati fret logam lengkung. Fret ini memungkinkan pemain untuk mengatur senar dan musik turunkan nada yang membuat bunyi senar meliuk-liuk.
c.             Tambura seperti juga gitar, alat musi ini pengiring gitar dalam musik klasik India berujud kecapipanjang. Dibalik melodi gitar yang ramai tambura berfungsi sebagi pendengung yang mantap.
d.            Sarangi adalah rebab India. Badannya yang berbentuk bongkahan ditegakkan dan dimainkan dengan penggesek. Senar harmoni terbentang diatas lubang dipapan bilah yang lebar.
4.      Musik Timur Tengah
Musik Timur tengah berkembang di negara arab dan sekitarnya bahkan ada yang menyebut irama padang pasir.  Musik yang paling menonjol adalah qasidah yaitu lagu yang bernafaskan islam yang alur nadanya berorientasi pada irama padang pasir. Dalam islam : sajak lirik dengan metrum yang sesuai untuk dinyanyikan atau disenandungkan; baikoleh penyanyi utnggal, paduan suara mauopun sahut-menyahut antara penyayi tunggal dan koor. Isinya berupa pengagungan terhadap ke-Esaan Allah SWT, melukiskan kebesaran Rasul-Nya, serta anjuran untuk menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Sebagai alat pengiring biasanya digunakan “rebana”, dewasa ini juga meliputi alat-alat musik modern lainya.
Lagu-lagu Qasidah rebana berdasarkan tangga nada tradisional Timur Tengah yang selain memiliki skala nada diatonic juga terdapat dalam nada-nada mikrotonik seperti terdapat dalam alunan tangga nada al bayat, al rast, al sika, al’ajarm, al nakriez, al hijaz, dan al saba.
Instrumen yang khas dari Qasidah antara lain :
a.             Rebana adalah alat musik berupa kendang satu sisi dengan badan tidak rendah sesuai dengan kemampuan genggamann tangan.
b.            Gitar gambus adalah kecapi Arab yang kepalanya berbentuk S, badanya lebih dalam dan lehernya lebih sempit di banding kecapi klasik yang popular di Eropa.
Lagu yang berasal atau lagu yang berada di luar negeri atau di negara asing disebut lagu mancanegara. Lagu  mancanegara di Asia dalam khasanah musik  Indonesia mempunyai pengertian lagu yang berasal dari luar negeri dalam lingkup dan dibatasi Asia.
Lagu merupakan ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media nada baik dari suara manusia maupun alat musik. Mancanegara mempunyai arti luar negeri/ di luar Indonesia/ negara asing. Jadi lagu mancanegara adalah lagu yang berasal atau lagu yang berada di luar negeri atau di negeri asing.
Lagu mancanegara di Asia dalam khasanah musik Indonesia mempunyai pengertian lagu yang berasal dari luar negeri dan dibatasi di Asia seperti musik yang berasal dari China, India, timur Tengah, Melayu, Jepang dan sebagainya.

Ringkasan Materi

A.    Musik Barat dan Timur
Menurut sejarah seni,musik dianggap sebagai seni yang paling tua usianya. Bahkan sama tuanya dengan keberadaan manusia di bumi. Ini karena semenjak lahir kita sudah berhubungan dengan musik. Dalam peradaban masyarakat Mesir dan Yunani kuno, musik dianggap sebagai suatu aktivitas yang penting. Hal ini terbukti dengan lukisan-lukisan purba yang menggambarkan kegiatan musik. Mereka banyak mempergunakan musik dalam kegiatan upacara-upacara ritual yang berhubungan dengan kekuatan ghaib.
Daalam perkembangan sejarah musik,terdapat dua rumpun musik yangt berbeda yaitu musik yang berasal dari barat dan musik yang berasal dari timur. Masing-masing rumpun musik tersebut memiliki system nada yang berbeda. Musik barat menggunakan system nada-nada yang matematik, dimana nada-nadanya disusun berdasarkan frekuensi yang tetap dalam tujuh nada (tangga nada diatonis) yang kemudin berkembang menjadi system 12 nada yang berjarak sama (tangga nada kromatis).Sedangkan musik timur menggunakan system nada yang amatematik, yaitu tangga nada pentatonic yang nada-nadanya disusun dalam jarak yang tidak sama untuk satu oktafnya.
Sistem musik barat digunakan dalam pengembangan dalam daya pikir abstrak, imajinasi, dan kreativitas. Musik dapat dipelajari secara lebih nyata. Hal ini telah dapat membawa musik barat memasuki wilayah timur dengan kegunaan yang lebih luas daripada musik timur.


B.     Perkembangan Musik Mancanegara di Asia
1.      Indonesia
Di Indonesia dalam masa berjayanya kerajaan-kerajaan besar di Indonesia. Musik bisa di bilang berkembang secara primitif atau masih bersifat lokal/ kedaerahan. Berbagai daerah di Nusantara masih menggunakan musik-musik bertangga nada pentatonic. Sebagai contoh berkembangnya musik gamelan di pulau jawa, ataupun musik-musik berorientasi kerajaan.
Tahun 1950 menjadi titik balik perkembangan musik di Indonesia yang sesungguhnya. Tahun-tahun tersebut merupakan awal pembinaan musik melalui disiplin akademik Beberapa orang muda Indonesia maneruskan pendalaman musik di luar negeri. Ditandai munculnya komposer-komposer muda seperti : W.R Supratman, Amir Pasaribu, Koesbini, Mochtar Embut, A. Riyanto, dll. Di tahun-tahun ini pula, musik populer berkembang dibandingkan musik tradisional.
2.      Oriental
Yaitu musik yang berkembang di daratan China, Jepang, Korea, dan Hongkong. Negara-negara tersebut ada kesamaan dalam cara hidup, adat istiadat, industri, dan bidang seni, tetapi perihal peradaban dan perkembangannya, Jepang adalah lebih muda dari pada China. Musik pada bangsa Jepang masih sekeluarga dengan musik China dan alat-alat musik yang terdapat di Jepang mirip dengan alat musik yang berada di negeri China Musik tersebut diciptakan oleh orang China yang dipengaruhi oleh daerah linguistik, grup etnis dan latar belakang sosio cultural. Musik China dikelompokkan menjadi musik tradisi kuno dan modern. Flute Jiahu adalah alat musik dari tulang yang ditemukan didaratan China. Alat tersebut merupakan instrumen musik  tertua di dunia. Musik modern china merupakan hasil persilangan musik tradisional China dengan musik popular.
Berdasarkan alat musiknya, musik china dikelompokkan menjadi musik China kuno dan musik China modern.
Instrumen musik China  kuno antara lain :
-                Flute (dizi).
-                Paixio
-                Perkusi ; lonceng (qin), drums (gu), Gong (luo).
-                Kecapi (ruan, qin, pipa, sanxian).
Instrumen musik china modern antara lain :
-                Suona.
-                Yang qin.
-                Bili.
-                Berbagai jenis biola
-                Kecapi leher bengkok.
Di Jepang terdapat alat musik yang bernama koto, yaitu Kin-koto yang berdawai 13 dan Yamuto-Koto yang berdawai 5 helai. Di antara alat musik yang berdawai di Jepang terdapat sejenis mandolin (luit), Shamisen yangb berbadan persegi dan berleher panjang, berdawai 3 helai, dimainkan dengan alat petik. Di Korea sendiri peradabanya sama dengan Jepang, sedangkan Hongkong yang merupakan koloni Inggris perkembangan musiknya terpengaruhi perkembangan musik barat dan China.
3.      Hindustan
Yang amat dominan pada musik Hindustan adalah negara India atau Pakistan. Musik Hindustan mudah dikenali dari ritme instrumen tabla yaitu kendang India berbentuk bejana (kendil), dimainkan dengan sentuhan jari dan telapak tangan.
Alat musik India yang lainya yaitu Vina, yaiut alat musik petik India. Alat itu mempunyai 7 dawai  dengan jangkauan nada  yang lebih luaus dari 2 oktaf. Alat ini adalah alat yang paling sempurna dan yang paling mengakar di hati masyarakat India dibandingkan dengan alat-alat yang lain. Musik/ lagu-lagu Hindustan popular karena sering digunakan sebagai ilustrasi musik (musik Score) dalam industri perfilman di Bollywood. Lagu-lagunya yang popular dan familiar adalah diantaranya lagu Kuch Kuch Hotahai.
4.      Timur Tengah/ Padang Pasir
Musik Timur Tengah antara lain musik Gambus. Musik gambus adalah musik berirama padang pasir (bernafaskan islam). Musik ini menggunakan alat musik gitar gambus (luth). Gitar gambus adalah alat musik dawa yang ditala secara rangkap seperti mandolin. Disamping itu juga menggunakan alat musik Rebana, Bass, Seruling, Gendang, Akordion,dan Biola.

5.      Melayu
Rumpun Melayu diantaranya Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam , temasuk Indonesia. Musik Melayu cirri utamanya adalah menggunakan alat musik membranofon atau gendang tradisional yang memungkinkan membawa sentuhan dendang dan joget. Musik Melayu di Indonesia identik disebut dengan musik dangdut.
Ciri musik dangdut :
-                Irama musik dihasilkan oleh permainan dua kendang yang dapat menghasilkan bunyi “dang” dan “dut”.
-                Bunyi “dang” jatuh pada birama ke empat pada hitungan keempat.
-                Bunyi “dut” pada hitungan pertama birama berikutnya.
Musik/ lagu mancanegara di Asia disajikan dalam bentuk musik vokal maupun musik instrumen.

C.     Apresiasi lagu mancanegara di Asia.
Apresiasi yaitu suatu kegiatan seseorang di dalam meniali atau menghargai karya seni. Penilaian yang lahir setelah melihat karya seni dapat bermacam-macam bentuknya. Hal tersebut timbul karena tingkat penilain seseorang terhadap seni beragam dan dipengaruhi latar belakang, tingkat intelektual dan status social yang beragam pula.
Ketika akan dapat menilai suatu lagu/ karya musik apabila kita menegrti benar-benar tentang lagu secara keselruhan mulai dari melodi, harmoni, ritme, birama, tangga nada, dan sebagainya. Apabila kita sudah dapat memahami lagu dengan baik, maka proses ini akan membantu menjadi seorang apresiator yang baik. Di dalam apresiasi karya seni dikenal dengan tiga tingkatan apresiasi yaitu :
1.            apresiasi empatik, adalah apresiai yang hanya menilai baik dan kurang baiknya sebuah karya seni berdasarkan penglihatan mata saja.
2.            Apresiasi estetis, adalah apresiasi tentang keindahan dan mempunyai penilain tentang keindahan karya seni tersebut.
3.            Apresiasi kritis, Adalah apresiasi yang sudah dalam tingkat penganalisaan.

Ketika akan dapat menilai sebuah lagu/ karya musik apabila kita mengerti benaR tentang lagu secara keseluruhan mulai dari melodi, harmoni, ritme, tangga nada dan sebagainya. Apabila kita sudah dapat memahamim lagu dengan baik, maka proses ini akan membantu menjadi seoprang apresiator yang baik.
Substansi dasar dari musik adlah bunyi yang unsurnya disebut nada, yaitu bunyi yang mempunyai getaran teratur tiap detik denga sifat tinggi, panjang, keras, lembut, dan warna yang berbeda.


  1. Melodi
Melodi adlah naik turunya nada yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendahnya atau neik turunya.
  1. Ritme
Ritme atau irama adalah gerak nada yang teratur mengalir karena munculnya aksen tetap.
  1. Birama
Birama yaitu suatu tanda untuk menunjukkan jumlah ketukan dal;am satu ruas birama.
  1. Harmoni
Harmoni adalah hal yang berhubungan dengan keselarasan paduan bunyi.
  1. Tangga nada
Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang.

D.    Keunikan lagu mancanegara di Asia
1.      Musik Melayu
Melayu adalah musik yang tumbuh dan berkembang di negara rumpun melayu seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam. Untuk negara Filliphina karena bekas jajahan Portugal musiknya langsung berkiblat pada musik diatonis barat. Ciri khas pada musik melayu adalah mempergunakan gendang tradisional ataupoun rebana berukuran besar yang memungkinkan membawa sentuhan dendang dan joget melayu. Instrumen yang dominan adalah biola dan accordion dan gong. Khusus untuk negara Indonesia yang berkembanh musik melatu hanya daerah sumatera khususnya daerah Riau dan Sumatera Barat.
2.      Musik Oriental
Musik Oriental berkembang di Cina, Korea, Jepang. Keunikan pada musik Cina maupun Jepang adalah pada instrumen khususnya alat musik string baik yang dipetik maupun yang digesek. Tangga nada yang digunakan adalah tangga nada pentatonic (1 2 3 5 6) (do re mi sol la). Karena instrumen yang unik dan khas maka sudah barang tebtu ketika dimainkan akan menimbulkan suasana musik yang amat ekspressif. Contoh alat musik string Cina dan Jepang :
a.                   Koto adalah gitar klasik Jepang ke-13 senarnya yang dimainkan dengan dua tangan dapat menghasilkan musik yang sangat ekspressif.
b.                  Qina Adalah siter Cina, Setiap senar berjumlah empat belas menghasilkan nada rendah dan tinggi tergantung pada sisi mana kuda-kuda tempat senar ditabuh.
c.                   Shamisen adalah kecapi berleher panjang yang sering dimainkan di Jepang. Ketiga senar shamisen disetem dalam berbagai macam nada, termasuk satu seteman untuk musik gembira. Pemain menggunakan pemetik. Senar dan penabuh perut dari kulit kucing. Perut di pelurut dengan kulit domgba untuk menahan pukulan pemetik.
d.      San xian adlah kecapi Cina yang mirip denga shamisen Jepang. San xian berarti tiga senar.
3.      Musik Hindustan/ India
Musik Hindustan tumbuh dan berkembang di negara India, Pakistan, Bangladesh, tetapi yang paling dominan adalah di negara India. Cirri khasnya adalah terletak pada ritmr yang disebut tabla, dan instrumen string yang disebut gitar. Instrumen musik India antara lain :
a.             Tabla adalah sepasang drum uang memimpin gitar dan tambura dalam musik klasik India. Pemain tabla memukul bagian tengah kulit pukul dengan jari sedangkan telapak tangan menekan bidang pukul untuk membuat variasi nada.
b.            Sitar adalah gitar klasik India semacam kecapi yang memilikki tujuh senar utama yang terbentang melewati fret logam lengkung. Fret ini memungkinkan pemain untuk mengatur senar dan musik turunkan nada yang membuat bunyi senar meliuk-liuk.
c.             Tambura seperti juga gitar, alat musi ini pengiring gitar dalam musik klasik India berujud kecapipanjang. Dibalik melodi gitar yang ramai tambura berfungsi sebagi pendengung yang mantap.
d.            Sarangi adalah rebab India. Badannya yang berbentuk bongkahan ditegakkan dan dimainkan dengan penggesek. Senar harmoni terbentang diatas lubang dipapan bilah yang lebar.
4.      Musik Timur Tengah
Musik Timur tengah berkembang di negara arab dan sekitarnya bahkan ada yang menyebut irama padang pasir.  Musik yang paling menonjol adalah qasidah yaitu lagu yang bernafaskan islam yang alur nadanya berorientasi pada irama padang pasir. Dalam islam : sajak lirik dengan metrum yang sesuai untuk dinyanyikan atau disenandungkan; baikoleh penyanyi utnggal, paduan suara mauopun sahut-menyahut antara penyayi tunggal dan koor. Isinya berupa pengagungan terhadap ke-Esaan Allah SWT, melukiskan kebesaran Rasul-Nya, serta anjuran untuk menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Sebagai alat pengiring biasanya digunakan “rebana”, dewasa ini juga meliputi alat-alat musik modern lainya.
Lagu-lagu Qasidah rebana berdasarkan tangga nada tradisional Timur Tengah yang selain memiliki skala nada diatonic juga terdapat dalam nada-nada mikrotonik seperti terdapat dalam alunan tangga nada al bayat, al rast, al sika, al’ajarm, al nakriez, al hijaz, dan al saba.
Instrumen yang khas dari Qasidah antara lain :
a.             Rebana adalah alat musik berupa kendang satu sisi dengan badan tidak rendah sesuai dengan kemampuan genggamann tangan.
b.            Gitar gambus adalah kecapi Arab yang kepalanya berbentuk S, badanya lebih dalam dan lehernya lebih sempit di banding kecapi klasik yang popular di Eropa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS